Judul : ESQ

Pengarang : ARY GINANJAR AGUSTIAN

Penerbit : ARGA

DAN JUGA DALAM DIRIMU. APAKAH TIADA KAMU PERHATIKAN

– adz dzariyat ayat 21 –

Dalam buku ini dijabarkan apa itu IQ (intelligence quotient) serta peranannya dalam kehidupan, persepsi di masyarakat bahwa IQ yang tinggi itu sebuah ukuran kesuksesan padahal menurut riset yang telah dilakukan bahwa peran IQ dalam keberhasilan seseorang tidak lebih dari 12% sisanya yang 88% maka masih diperlukan lagi kecerdasan yang lain yaitu kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ).

Sementara pendidikan di indonesia masih menitikberatkan kepada nilai berupa angka-angka sebagai parameternya, dimana IQ sangat diagungkan. IQ merupakan kecerdasan otak yang berfungsi untuk menghitung, menghafal, berpikir logis, dll sedangkan EQ (kecerdasan emotional) adalah kemampuan merasakan perasaan orang lain, kemampuan beradaptasi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan emosi seseorang, EQ sangat berperan dalam kesuksesan seseorang.

Kecerdasan berikutnya yang sangat diperlukan adalah kecerdasan spiritual (SQ) ini tentang nilai-nilai kehidupan dan lebih kepada pembentukan karakter. Seseorang yang memiliki SQ yang baik akan menjadi tenang hidupnya karena bersandarkan pada nilai-nilai ilahiyah / ketuhanan.

Dalam ESQ ini ketiga kecerdasan tersebut disinergikan agar tidak mispersepsi tentang kehidupan dunia dan akhirat yang selama ini dipersepsikan bahwa seolah-olah kehidupan dunia dan akhirat itu harus dipisahkan sehingga kita sebagai seorang yang beragama bingung untuk memilih antara kehidupan dunia atau akhirat.

ESQ dikenal dengan ESQ Model yang dilustrasikan seperti putaran alam semesta pada porosnya yang terdiri dari titik tengah yang disebut dengan GOD SPOT sebagai pusat putaran. God Spot atau suara hati itu bisa saja tertutupi dengan belenggu yang terdiri dari prasangka negatif, prinsip hidup, pengalaman, kepentingan, sudut pandang, pembanding, literatur dan harus dibersihkan dengan ZMP (zero mind process) agar terbebas dari belenggu-belenggu diatas.

Di langkah berikutnya ada Mental Building dengan prinsip 6 rukun iman yaitu star principle, angel principle, leadership principle, learning principle, vision principle, dan well organized principle yang akan membentuk ketangguhan mental.

Selanjutnya ada personal strength dan social strength yang berprinsip dengan 5 rukun islam yaitu mission statement, character building, self controlling, strategic collaboration, total action yang akan membentuk ketangguhan pribadi dan ketangguhan sosial.

Dalam ESQ ini suara hati manusia itu sama dengan nilai-nilai yang terkandung dalam 99 Asmaul Husna sebagai rujukan fitrah manusia.